Popularitas "Batu Akik" tahun ini tak main-main. Menurut temuan Google, informasi terkait batu kontroversial tersebut paling tinggi ditelusuri netizen Indonesia lewat layanan Search.
Menyusul setelahnya, "Go-Jek" berada di posisi kedua dan "Kue Cubit" menempati posisi ketiga. Pun begitu, Google enggan mengungkap jumlah angka pencarian yang terhimpun pada tiap-tiap topik.
Yang jelas, menurut Head of Communication Google Indonesia Putri Silalahi, pencarian terpopuler tahun ini lebih mengacu pada hal-hal keseharian.
Tentu saja, tiap orang memiliki makna keseharian yang berbeda-beda. Dengan begitu, motif penelusuran pada topik yang sama pun bisa beragam.
"Misalnya, aku cari 'kue cubit' untuk tahu tempat jual mana yang enak. Kalau ibuku lebih ke resep membuatnya," kata Putri usai pengumuman hasil penelusuran Google 2015 terpopuler bertajuk "Year in Search", Rabu (16/12/2015), di Conservatory, Jakarta.
Sementara itu, menurut salah satu penjual batu akik Andi Aditya, dari segi penjualan, tren baru akik sebenarnya mulai menanjak sejak tujuh tahun lalu. "Puncaknya tahun ini setelah dipakai sama SBY," kata dia dalam kesempatan yang sama.
Selain tiga topik tersebut, kata kunci "Angeline", "Olga Syahputra", "Dubsmash", "Furious 7", "Tragedi Mina", "Goyang Dumang", dan "Piala Presiden" juga ramai dicari netizen.
Netizen tanya "Apa Itu Baper?" ke Google
Selain mencari informasi untuk topik tertentu, Google juga dijadikan pelarian untuk menuntaskan rasa penasaran akan arti atau makna sesuatu.
"Baper" menduduki posisi pertama sebagai kata yang paling banyak dicari definisinya. Bagi yang belum tahu, baper merupakan singkatan dari "bawa perasaan". Kata tersebut mulai populer dijadikan kata percakapan sehari-hari sejak sekitar akhir tahun lalu.
Selain "baper", ada sembilan kata terpopuler lainnya yang dicari netizen di kolom pencarian dengan awalan "Apa Itu". Antara lain "Begal", "How-Old.net", "Quipper School", dan "Meningitis"
Meme Haji Lulung rajai pencarian gambar
Tahun ini, untuk pertama kalinya, Google juga membeberkan daftar kaleidoskop berkategori "Meme Terpopuler". Menurut Putri, meme menjadi tren yang signifikan mewarnai 2015.
Setiap ada peristiwa atau insiden besar, kehadiran meme yang bernuansa guyonan kerap menjadi pencair suasana.
Di kolom pencarian Google, netizen paling banyak mencari "Meme Haji Lulung". Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta tersebut sempat ramai dibahas menyusul pernyataan-pernyataan kontroversialnya.
"Meme Banjir Jakarta" juga banyak dicari netizen. Bencana tahunan Jakarta tersebut mengundang hasrat pembuat meme untuk berguyon karena solusinya tak kunjung ada.
Beberapa meme lainnya yang juga banyak dicari adalah "Meme Sudah Kuduga", "Meme Mayweather", dan "Meme Di Situ Kadang".
Untuk daftar tren "Year in Search" yang lebih lengkap, kamu bisa cek di sini.
Comments
Post a Comment